• pinterest
  • facebook
  • twitter

Libur Idul Adha, Angkutan KSPN Wisata di Banyuwangi Mulai Dilirik Masyarakat

by Progresif News

20th June, 2024

BANYUWANGI – Libur panjang Hari Raya Idul Adha dimanfaatkan oleh sebagian besar masyarakat untuk berwisata. Hal ini merupakan keberkahan tersendiri bagi sektor pariwisata yang berimbas pula pada peningkatan penggunaan jasa angkutan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) di Banyuwangi, Jawa Timur.

Dijelaskan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Banyuwangi Komang Sudira Atmaja, melalui Plt Kepala Bidang (Kabid) Angkutan Tanto Sujono , masyarakat mulai tertarik menggunakan jasa Angkutan KSPN yang telah beroperasi kurang lebih 4 tahun itu.

Diliriknya angkutan KSPN tersebut, dapat dilihat berdasarkan laporan tim DAMRI, yakni selama momen libur panjang Idul Adha berlangsung terjadi kenaikan yang signifikan pada jumlah penumpang sekitar 100 persen dibanding hari biasa.

“Dari laporan yang kami terima Load Factor untuk 2 armada mencapai hampir 100 persen,” kata Tanto, Rabu (19/6/2024).

Tanto menerangkan, jika selama libur Idul Adha angkutan KSPN dengan rute wisata Baluran perharinya bisa membawa kurang lebih 5 orang. Sedangkan untuk Rute wisata Kawah Ijen selalu penuh atau Full Seat untuk 2 armada.

“Untuk KSPN saat ini masih ada 2 rute yakni Taman Sritanjung – Kawah Ijen sebanyak 2 armada, dan Taman Sritanjung – Baluran sebanyak 2 armada,” terangnya.

Melihat tingginya minat wisatawan, Tanto berharap, kedepannya jumlah armada angkutan KSPN bisa ditambah. Selain itu, perluasan rute destinasi juga perlu dipertimbangkan agar diperbanyak, dengan maksud untuk mendorong wisatawan agar tinggal lebih lama di Banyuwangi.

Menurutnya, peningkatan ini menunjukkan potensi besar yang dimiliki Banyuwangi sebagai destinasi wisata. Dengan kesiapan infrastruktur dan pelayanan yang baik, diharapkan Banyuwangi dapat terus menarik wisatawan dan meningkatkan perekonomian lokal.

“Pengunjung tentu tidak hanya dari warga lokal. Para pemilik warung, dan pedagang yang ada di destinasi wisata tentunya sangat terbantu jika ada pengunjung yang datang. Harapannya ada peningkatan armada, semoga kedepan dapat terealisasi,” jelasnya.

Untuk diketahui, tarif jasa angkutan KSPN di Banyuwangi dengan rute Kawah Ijen per orang dipatok harga Rp8.800 untuk sekali jalan. Sedangkan Rrute menuju Baluran yaitu Rp9.300.

sumber: timesindonesia

Polresta Banyuwangi, Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Nanang Haryono, Kabupaten Banyuwangi, Pemkab Banyuwangi, Banyuwangi, Kota Banyuwangi, Blambangan, Polda Jatim, Jawa Timur, Jatim, Polres Banyuwangi, Resta Banyuwangi

by Progresif News